Home » » Cara merawat kelinci yang benar

Cara merawat kelinci yang benar

Written By Master on Friday, November 8, 2013 | 10:42 PM

Cara merawat kelinci yang benar



Cara merawat kelinci - Hewan peliharaan sama seperti halnya sahabat bagi manusia, bahkan ada yang sampai menggangap hewan peliharaannya sebagai keluarga sendiri yang di rawat dan di sayang setiap hari. Diberi makan dan di mandikan  secara rutin sampai tidur bersama di satu kasur.. ckckck.. udah kayak anak sendiri tuh hewan peliharaan. Banyak orang memelihara hewan di rumah dengan alasan hobi atau sebagai teman hidup dirumah untuk menghilangkan kesepian atau untuk menambah keramaian di rumah sehingga kehidupan di rumah semakin hidup dan tidak membosankan. Apalagi hewan yang dipelihara amatlah jinak dan penurut, pasti kita akan selalu ingat rumah karena ingin bertemu dan bersama hewan peliharaan kita.

Nah, berbicara hewan peliharaan, untuk admin sendiri memiliki beberapa hewan peliharaan di rumah loh.. ada kucing, ada kelinci, ada kambing, dan ada ikan hias. Tapi dari sekian banyak hewan peliharaan admin di rumah, kelincilah yang paling admin suka karena paling jinak dari hewan lain, bahkan lebih jinak dari kucing yang admin pelihara. awalnya saya pikir memelihara kelinci itu susah. Tapi ternyata sangat mudah. Nah berikut admin share cara merawat Kelinci.

Cara merawat kelinci  :

  1. Kandang kelinci hias dijaga agar tidak lembab dan terjaga dari cuaca yang tidak bersahabat seperti: hujan,panas matahari dan hembusan angin secara langsung. Kondisi kering ternyata cukup baik.
  2. Lantai kandang kelinci hias selalu dijaga kebersihannya karena sanitasi kandang yang kurang terjaga dapat menimbulkan berbagai macam penyakit. Usahakan lantai kandang yang nyaman untuk kelinci seperti dari bambu dan kotoran bisa jatuh kepenampungannya.
  3. Jumlah jenis kelinci hias dalam kandang disesuaikan dengan luas kandang karena kandang yang sempit dengan kapasitas kelinci yang banyak sehingga terbatasnya ruang gerak kelinci dapat menimbulkan stres untuk kelinci dan biasanya kalau strees timbul penyakit yang ujungnya kematian
  4. Jangan berikan sayuran kepada jenis kelinci hias ataupun jenis lain dalam bentuk “segar”,pastikan harus dalam keadaan layu dan tidak busuk (jangan diberikan langsung dari lemari es). Proses pelayuan berguna untuk mempertinggi kadar serat kasar,juga untuk menghilangkan getah atau racun yang dapat menimbulkan kejang-kejang dan mencret(kecuali kelinci anda makan tumbuh-tumbuhan dari alam bebas)
  5. Segera hubungi dokter hewan jika menemukan kelinci anda sakit. Jika perlu lakukan pertolongan pertama agar keadaannya tidak terlalu parah. Upaya pencegahan jauh lebih baik dari pada pengobatan.
  6. Untuk pakan tambahan (konsentrat) bisa anda berikan pelet khusus kelinci (misal jenis kelinci hias) atau bisa juga diberikan bekatul yang dicampur dengan sayuran dan ampas tahu diberi air sedikit-diaduk lalu diberikan ke kelinci. Namun khusus untuk kelinci yang saya pelihara sangat doyan makanan apapun, kadang diberi nasi doyan, diberi krupuk doyan, roti doyan, dan tidak berakibat apapun. Malah pada sehat, tapi admin menyarankan tidak memberi kan yang sama dengan yang admin berikan pada kelinci admin. Takut kondisi kelinci anda berbeda dengan kelinci yang saya pelihara.
  7. Berikan waktu kelinci untuk bebas bermain di pekaraangan atau di dalam rumah, sebab seperti halnya manusia, hewan pun butuh waktu untuk bebas bergerak dan bermain. Agar kelinci tidak stress yang bisa berujung pada kematian.

Cara merawat kelinci 

Demikianlah artikel saya tentang cara merawat kelinci, semoga artikel saya bermanfaat,,
 cara memperbaiki micro SD,  cara membuat tahu

Judul : Cara merawat kelinci yang benar
Deskripsi : Cara merawat kelinci Cara merawat kelinci - Hewan peliharaan sama seperti halnya sahabat bagi ...

Bagikan ke

Facebook Google+ Twitter
Vina Yudittia

0 comments:

Post a Comment