Home » » Tips Mengatasi Rasa Malas

Tips Mengatasi Rasa Malas

Written By Master on Monday, August 19, 2013 | 10:28 PM

Tips Mengatasi Rasa Malas

Tips Mengatasi Rasa Malas - Malas?? setiap manusia pasti memiliki sifat malas, Dan rasa malas datangnya selalu tidak menentu, Biasanya rasa malas akan datang pada waktu kita sedang jenuh, atau mempunyai suatu masalah yang belum dapat diselesaikan oleh diri sendiri. banyak sekali penyebab yang menyebabkan kita menjadi orang pemalas. Sebenarnya kalau kita mempunyai keinginan atau niat, rasa malas yang ada pada diri kita bisa dihindari. 
Tips Mengatasi Rasa Malas

Berikut adalah tips bagaimana cara mengatasi rasa malas yang ada pada diri kita :

1) Membuat 'to-do' list (daftar kegiatan) setiap malam sebelum tidur
Sangat penting untuk menuliskan tujuan kita sehingga kita dapat memvisualisasikan apa yang perlu dilakukan. Setiap malam membuat 'to-do' list pada laptop atau buku dan menambahkan 5-10 hal yang harus dilakukan pada hari berikutnya. Dari tugas-tugas kecil seperti pergi ke bank untuk tugas besar seperti menyelesaikan proyek. Segala sesuatu yang perlu dilakukan harus ditulis pada 'to-do' list. Tidak ada tugas yang terlalu besar atau terlalu kecil untuk dimasukkan ke 'to-do' list.

2) Selesaikan hal pertama yang ada di 'to-do' list di pagi hari
Kita semua tahu bahwa rasa takut, dari azab yang akan datang, ketika kita tahu kita harus melakukan sesuatu tapi kita tidak ingin melakukannya. Jadi kita menundanya dan menundanya dan itu hanya terus membuat kita terbiasa untuk menunda, sehingga sulit untuk melakukan tugas itu. Satu-satunya cara untuk menyingkirkan perasaan itu adalah untuk melakukan tugas-tugas yang tidak menyenangkan di pagi hari. Selesaikan semua tugas di pagi hari, dimulai dengan tugas yang tersulit dan berakhir dengan tugas termudah. Setelah Anda menyelesaikan semua tugas Anda di pagi hari, maka Anda memiliki sisa waktu di hari itu dan bebas untuk melakukan apa saja.

3) Hidup terorganisir 
Aspek yang paling penting untuk mengatasi kemalasan adalah hidup terorganisir. Begitu banyak keinginan kita untuk melakukan sesuatu yang produktif tetapi keadaan di sekitar membuatnya tampak mustahil untuk dilakukan dan membujuk kita untuk tidak melakukan bahkan memulai tugas kita. Ruang kerja yang bagus, bersih dan terorganisir akan mengajak kita untuk melakukan beberapa pekerjaan dan menjadi lebih produktif. Tempat yang berantakan akan menyebabkan kita malas belajar atau malas bekerja dan memilih untuk tidur di sofa ataupun kasur yang ada. Sisihkan beberapa jam untuk membersihkan dan mengatur ruang kerja - segala sesuatu yang ada di meja Anda, file - file yang ada di komputer, link - link favorit yang ada di browser dll. Buatlah segalanya lebih bersih, mudah dan efisien.

4) Selalu membawa notebook atau catatan
Membawa notebook setiap saat akan sangat bermanfaat bagi Anda. Salah satu alasannya adalah bahwa ide-ide sering kali datang ketika kita mengemudi di jalan, berjalan menyusuri jalan, duduk di kereta api atau tempat lain di mana kita tidak siap untuk melakukan ide - ide tersebut. Membawa notebook akan membuat Anda dapat menuliskan ide-ide, tugas akan yang akan Anda lakukan besok dan kita dapat membacanya lagi pada malam hari saat membuat 'to-do' list. 

5) Jadilah orang aktif dan sadar akan waktu
Memulai dan menyelesaikan 'to-do' list tepat waktu di setiap pagi sangat penting. Ini disebut kebiasaan dan rutinitas dan itulah yang memisahkan malas dari produktif. Bila Anda memiliki rutinitas dan kebiasaan maka akan mudah untuk menyelesaikan pekerjaan sehari-hari. Tidak memiliki rutinitas itu membuat sangat sulit mencapai apa-apa. Mulai rutin, menentukan waktu spesifik untuk memulai dan mencapai tujuan Anda setiap hari dan selalu sadar waktu. Anda tidak ingin menyia-nyiakan  apa yang telah Anda mulai. Melihat jam memaksa Anda untuk lebih berkonsentrasi, bekerja lebih keras dan lebih cepat untuk menyelesaikan semua yang dilakukan. (baca : 7 makanan yang dapat meningkatkan daya ingat dan konsentrasi)


Sumber : Web Sehat



Inspirasi Chinot Thea

0 comments:

Post a Comment